Analisis Pemasaran Bisnis dalam Seni Kaligrafi
DOI:
https://doi.org/10.59548/je.v1i1.27Abstract
Bisnis berawal dari hobi yang dilakukan dengan kemampuan dan keahlian, dengan menekuni hobi yang dimiliki dapat menghasilkan uang dan banyak keuntungan.Kaligrafi merupakan salah satu bisnis yang diawali dengan hobi. Namun, permasalahan terkait pemasaran sering terjadi dalam sebuah bisnis, penggunaan strategi pemasaran yang tidak tepat akan mengancam bisnis yang dijalani. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dimana Peneliti melakukan pengumpulan data-data melalui observasi wawancara online dengan narasumber dan Peneliti juga mengutip beberapa teori dari kajian pustaka seperti jurnal-jurnal ilmiah, buku-buku pengetahuan, dan juga informasi-informasi valid.Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan terhadap narasumber adalah strategi pemasaran online, seperti seperti Facebook, Instagram, dan Whatsapp dengan menggunakan strategi tersebut mereka mengalami peningkatan penjualan. Selain itu narasumber juga melakukan strategi perubahan mulai dari kualitas produk hingga pelayanan penjualan, agar para konsumen merasa nyaman dan menjadi pelanggan tetap.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Kaligrafi, Bisnis
References:
Abdi, H. (2021). Strategi adalah rencana cermat untuk mencapai tujuan, kenali tingkatnya. Liputan 6.
Farkhan Mujahidin, M. (2017). Pemikiran Kaligrafi Arab Di Indonesia. Jurnal CMES, 9(2), 179. https://doi.org/10.20961/cmes.9.2.15160
Fauzi, M., & Thohir, M. (2021). Pembelajaran Kaligrafi Arab untuk Meningkatkan Maharah Al-Kitabah. EL-IBTIKAR: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 9(2), 226. https://doi.org/10.24235/ibtikar.v9i2.6554
Hutomo, A. S., Kristiyanto, A., & Purnama, S. K. (2019). Peningkatan Keterampilan Teknik Dasar Futsal Melalui Penggunaan Media Video pada Mahasiswa Putra Penghobi Futsal. Prosiding Seminar Nasional IPTEK Olahraga, 21–24.
Ichsan, S. M. (2022). Teologi Berbasis Ekonomi ( Darul Arqam - Pt . Global Ikhwan ); Studi Atas Strategi Dakwah Ashari Ibn Muhammad. Bidayah, 13(2).
Isnaini, R. L., & Huda, N. (2016). Kaligrafi Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 110–120. https://doi.org/10.14421/almahara.2016.022-06
Jinan, M. (2010). Kaligrafi Sebagai Resepsi Estetik Islam. Suhuf, 22(2), 142–156.
Marjani, L., & Sutisna, M. (2019). Loyalitas Pelanggan Pada Business-To-Business: Pengaruh Kualitas Pelayanan. Jurnal Riset Bisnis Dan Investasi, 5(1), 10. https://doi.org/10.35697/jrbi.v5i1.1612
Muliana, V. A. (2017). Profesi Unik, Penulis Kaligrafi Gedung Putih Digaji Rp 3,5 Miliar.
Novyarni, N., Harni, R., Kartijo, & Mayndarto, E. C. (n.d.). PENTINGNYA PEMAHAMAN HOBI MENJADI CUAN BAGI ANAK PADA MAJLIS TAKLIM ANAK, KEBUN BARU JAKARTA SELATAN. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 72–76.
Qothrunnada, K. (2022). Bisnis: Pengertian, Tujuan, Jenis, dan Contohnya. Jakarta.
Rispul. (2012). Kaligrafi Arab sebagai Karya Seni. TSAQAFA, Jurnal Kajian Seni Budaya Islam Vol., 1(1), 9–18.
Sawukir, Syamtoro, B., Warasto, H. N., Nurhamdi, M., & Dana. (2021). MENGEMBANGKAN HOBI MASAK MENJADI BISNIS F DAN B DISAAT COVID-19. DEDIKASI PKM, 2(2), 175–180.
Sembiring, R. (2014). Pengantar BISNIS.pdf. In La Goods Publishing (Vol. 1, Issue 1).
Usiono. (2016). Pendidikan Kewirausahaan (Firmansyah (ed.); Pertama). Perdana Publishing.
Warokka, F. F., Parinsi, M. T., & Takaredase, A. (2021). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA JARINGAN DASAR SISWA SMK. EduTIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(3), 276–283.
Yusuf Saleh, M., & Said, M. (2019). Konsep dan Strategi Pemasaran. In Sobirin (Ed.), Analisis Standar Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang (Vol. 3). CV SAH MEDIA.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.