Sejarah Seni Kaligrafi Dalam Islam dan Perkembangannya di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.59548/je.v1i2.66Abstract
Abstrak
Kaligrafi merupakan salah satu karya seni Islam yang menjadi sorotan banyak oleh masyarakat Muslim. Pada dasarnya kaligrafi adalah seni tulisan indah atau disebut khatt. Indah dalam mengukir nama-nama Allah sebagai bentuk dan rasa untuk semakin mengingat Tuhan-Nya. Persoalan utama yang ditelaah serta dipelajari adalah tentang perkembangan seni kaligrafi Islam dari masa Daulah Umayyah sampai berkembangnya seni kaligrafi di Indonesia. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu metode pustaka dengan menelusuri literatur-literatur mengenai sejarah kaligrafi dan jenis tulisan khatt beserta perkembangannya. Hasil dari yang telah dibahas membuktikan sebenarnya perkembangan seni kaligrafi Islam dimulai sejak zaman Rasulullah para Khulafaur Rasyidin, Daulah Umayyah, Daulah Abbasiyah, dan Pasca Abbasiyah. Sehingga disini muncul jenis-jenis khatt (tulisan). Kaligrafi Islam berkembang di Indonesia, dan telah menjejaki periode panjang menempuh dari Angkatan Perintis, Angkatan Pesantren, Angkatan Pelukis dan Pendobrak, dan Angkatan Kader MTQ (Musabaqah Tilawatil Qur'an).
References
Amrulloh, A. Y. (2022). Metodologi Yusuf Dzannun dalam Pembelajaran Kaligrafi Riq’ah. Tifani: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada …, 2, 1–8.
Arief Furchan. (2005). Berbagai Metodologi dalam Penelitian Pendidikan dan Manajemen.
Fitriani, L. (2020). Seni Kaligrafi: Peran dan Kontribusinya Terhadap Peradaban Islam.
Hasnawati, N., & Huzairin, M. D. (2020). Galeri Seni Kaligrafi Islam Di Martapura. Lanting Journal of Architecture, 9(1), 18–28. https://doi.org/10.20527/lanting.v9i1.539
Hasnawati, N., Studi, P., Arsitektur, T., Teknik, F., Lambung, U., Huzairin, M. D., Studi, P., Arsitektur, T., Teknik, F., & Lambung, U. (2020). Galeri seni kaligrafi islam di martapura. 9, 19–28.
Huda, N. (2017). Implementasi Jenis Khat Naskhi dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 291–316. https://doi.org/10.14421/almahara.2017.032-06
Jas, N. A. (2016). Identifikasi Jenis-jenis Kaligrafi Islam dengan Menggunakan Teknik Pengolahan Citra dan Jaringan Syaraf Tiruan Al Goritma Backpropagation. Ubiversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Munasib, Rifki Ahda Sumantri, A. P. (2012). Implementasi Seni Kaligrafi Khat Tsuluts Pada Masjid Al Khimah. Jurnal Kajian Keislaman, 2(2), 127–139.
Nurul Aviah, Singgih Kuswardono, D. Q. (2019). Motivasi Member Foks Indonesia Menekuni Seni Khat Kufi Murabba’. Nafis Azmi Amrullah, Akbar Syamsul Arifin, Ahmad Miftahuddin, 8(2), 135–139.
Patriani, S. R. (2017). Pengaruh Sosiokultural Budaya Islam. Jurnal Buana Pendidikan, 13(23), 77–89.
Prasetyo, Eko dan Jalil, M. A. (2013). Studi Komparatif Khat Naskhi Abdurraziq Muhammad Salim dan Mahdi Sayyid Mahmud. Journal on Arabic Language and Literature, 02, 12–26.
Rafles, M. (2019). Perkembangan Seni Kaligrafi di Indonesia (Studi Analisis Kitab Naṣhāih Al-Khaṭṭāṭīn Karya Didin Sirājuddīn). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.
Rahmat, P. S. (2009). Penelitian Kualitatif. In Journal Equilibrium: Vol. 5 No. 9 (pp. 1–8).
Rispul. (2012). Kaligrafi Arab sebagai Karya Seni. TSAQAFA, Jurnal Kajian Seni Budaya Islam Vol., 1(1), 9–18.
Rondhi, M. (2017). Apresiasi Seni dalam Konteks Pendidikan Seni. Jurnal Imajinasi, XI(1).
Sarif, D. (2016). Pengaruh Al-Quran Terhadap Perkembangan Kaligrafi Arab. III(2), 163–172.
Setiawan, A. (2016). Kaligrafi islam dalam aktivitas budaya. Jurnal Al-Furqan, 3, 1–12.
Sirojuddin. (2014). Peta Perkembangan Kaligrafi Islam di Indonesia. Al-Turas, XX(1), 219–232.
Somad, A. (2006). Sejarah Perkembangan Seni Kaligrafi Islam di Indonesia (studi kasus kaligrafi dekorasi di dinding masjid agung al-azhar kebayoran barat jakarta ). Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Suparman, A. N. (2018). Kontribusi A.D. Pirous dalam Perkembangan Seni Lukis Kaligrafi di Indonesia (1970-2003). Historia Madania, 2(2), 91–110.
Syafi’i, A. G., & Masbukin. (2021). Kaligrafi dan Peradaban Islam Sejarah dan Pengaruhnya bagi Kebudayaan Islam di Nusantara. Nusantara: Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 17(2), 67–75.
Zuhdiyah, N. A. (2023). Cabang–Cabang Kaligrafi Dalam Musabaqah Khatil Qur’an Dan Jenis Khat Yang Digunakan. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 1(1), 212–226.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Categories
License
- Share — copy and redistribute the material in any medium or format for any purpose, even commercially.
- Adapt — remix, transform, and build upon the material for any purpose, even commercially.
- The licensor cannot revoke these freedoms as long as you follow the license terms.
Under the following terms:
- Attribution — You must give appropriate credit , provide a link to the license, and indicate if changes were made . You may do so in any reasonable manner, but not in any way that suggests the licensor endorses you or your use.
- No additional restrictions — You may not apply legal terms or technological measures that legally restrict others from doing anything the license permits.
Notices:
You do not have to comply with the license for elements of the material in the public domain or where your use is permitted by an applicable exception or limitation .
No warranties are given. The license may not give you all of the permissions necessary for your intended use. For example, other rights such as publicity, privacy, or moral rights may limit how you use the material.