ANALISIS KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM BAHASA ARAB: PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK

Authors

  • Tarisha Putri Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Siti Nur Salsabyila Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Muhammad Haickal Eriyanto Marpaung Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia
  • Sahkholid Nasution Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59548/ps.v2i1.327

Keywords:

Psycholinguistics, Reading Difficulties, Writing Difficulties

Abstract

Beragam kesalahan yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Arab seperti kesulitan membaca dan menulis merupakan salah satu hal yang dapat dikaji dalam ranah psikolinguistik. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis psikolinguistik yang terjadi pada kesulitan membaca dan menulis dalam bahasa Arab. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data studi pustaka. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini menunjukkan bahwasannya kesulitan yang terjadi dalam membaca dan menulis melalui kajian psikologi guru mengetahui kebutuhan siswa dalam hal minat belajar, hal tersebut berkaitan dengan faktor yang mempengaruhi kesulita membaca bahasa Arab. Jika pendidik sudah memahami keadaan psikologi siswa, maka akan memberikan kemudah guru untuk menyesuaikan pada proses pembelajarannya.

References

Anak, K. N. P. E. S. K. (2008). Eksploitasi Seksual Komersial Anak di Indonesia. Medan, Restu Printing Indonesia, Hal.57, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.

Hamka, D. L., Mariah, E., & R, M. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Sekolah Madrasah Tsanawiyah Kelas Tujuh Di Kota Makassar Factor Analysis of Difficulty Reading Arabic Texts for Seventh Grade Madrasah Tsanawiyah Students in Makassar City. Jurnal Pendidikan Bahasa Asing, 1(2), 196–205.

Hasan. (2018). Psikolinguistik : Urgensi Dan Manfaatnya Pada Program. Al Mi’yar, 1(19), 1–18.

Irfan, H. (2020). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Menulis Huruf Abjad Bahasa Arab (Studi Kasus pada Siswa Kelas VIII SMP Miftahul Iman Bandung). Lisanan Arabiya : Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(2), 129–152.

Ismail, M. (2013). Peranan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.508

Nasution, S. (2014). Mekanisme Ujaran Dalam Bahasa Arab; Tinjauan Psikolinguistik. AT-TURAS: Jurnal Studi Keislaman, 1(1), 169–192.

Nasution, S. (2017a). Pengantar Linguistik Bahasa Arab (M. Kholison (ed.)). Lisan Arabi.

Nasution, S. (2017b). Pengantar Linguistik Bahasa Arab (M. Kholison (ed.); I). CV. LISAN ARABI.

Nasution, Z. M., Ramadhan, F., Putri, N. A., Marhamah, A., & Nasution, S. (2023). Urgensi Mahāratul Kitābah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 153–163. https://doi.org/10.31943/counselia.v4i2.115

Rahmat, W. (2018). Linguistik dan Psikolinguistik, Hubungan Psikologi dengan Linguistik dan Objek Kajian Psikolinguistik. STKIP PGRI Sumatera Barat, 1–7.

Sultan, & Yahya, S. (2020). Peranan Psikolinguistik dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Sebuah Pengantar). In Jurnal At-Ta’dib (Vol. 8, Issue 2).

Susanti, R. (2021). Kajian Psikolinguistik, Sri Suharti, S.Hum, M.Pd. Wakhibah Dwi Khusnah, M.Pd. Dr. Sri Ningsih, S.S., M.Hum. Jamaluddin Shiddiq, M.Pd. Nanda Saputra, M.Pd. Dr. Heri Kuswoyo, S.S., M.Hum. Novita Maulidya Jalal, M.Psi., Psikolog. Putri Wulan Dhari, M.Pd. Dr. In Kajian Psikolinguistik.

Wibisono, Y. (2024). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Bahasa Arab Pada Siswa Kelas XI-IPS Madrasah Aliyah Al-Bairuny Sambongdukuh Jombang. Lugatuna: Jurnal Pendidikan, Ilmu Bahasa Arab, 3(2), 15–26.

Downloads

Published

2025-01-18

How to Cite

Putri, T., Salsabyila, S. N., Eriyanto Marpaung, M. H., & Nasution, S. (2025). ANALISIS KESULITAN MEMBACA DAN MENULIS DALAM BAHASA ARAB: PERSPEKTIF PSIKOLINGUISTIK. Jurnal Psikotes, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.59548/ps.v2i1.327